Resep: Abon ikan bandeng (bajabu) Terlengkap

Abon ikan bandeng (bajabu). Ma bajabu bale ( membuat abon ikan ) Acara pernikahan ilham dan ika. Cara Mengolah Abon Ikan Bandeng: Daging bandeng dibersihkan dengan mengeluarkan isi perut dan membuang kepalanya Bagaimana cukup mudah bukan Cara Membuat Abon Dari Ikan Bandeng untuk dipraketkkan dirumah? Semoga dengan resep masakan mengenai ikan bandeng ini bisa anda.

Abon ikan bandeng (bajabu) Menariknya lagi, abon ikan ini juga awet tahan lama. Cukup dengan menyimpannya di wadah tertutup, jadi mutu abon ikan bisa terjaga dengan baik. Abon ikan adalah variasi olahan ikan yang sering dijumpai di pasar selain abon daging. Anda dapat membuat Abon ikan bandeng (bajabu) menggunakan 18 bahan dan 6 langkah demi langkah. Inilah cara membuat Abon ikan bandeng (bajabu) yang baik.

Bahan-bahan Abon ikan bandeng (bajabu)

  1. Anda perlu 5 untuk ikan bandeng bagian ekor nya.
  2. Anda perlu 2 biji untuk asam.
  3. Siapkan 300 ml untuk air.
  4. Anda Membutuhkan 1 sdt untuk garam.
  5. Anda Membutuhkan 300 ml untuk santan (65 ml santan kara +air).
  6. Anda perlu 2 lembar untuk daun salam.
  7. Siapkan 4 lembar untuk daun jeruk.
  8. Anda Membutuhkan 1 sachet kecil untuk kaldu bubuk (m*sako).
  9. Siapkan 1 sdm untuk gula merah.
  10. Anda Membutuhkan 2 sdm untuk air asam.
  11. Anda Membutuhkan untuk Bumbu halus :.
  12. Anda perlu 5 untuk bawang merah.
  13. Anda perlu 4 untuk bawang putih.
  14. Anda Membutuhkan 1 sdt untuk ketumbar.
  15. Anda perlu 1 ruas untuk jahe.
  16. Siapkan 3 batang untuk sereh bagian putihnya.
  17. Siapkan 2 butir untuk kemiri.
  18. Anda perlu 5 sdm untuk Minyak goreng untuk menumis.

Hampir sama dengan abon daging, abon ikan juga memiliki Abon ikan mempunyai tekstur yang sangat lembut dan rasa yang gurih, sangat cocok untuk lauk atau teman makan roti dan dijadikan isi makanan kecil. Kegiatan observasi terhadap usaha diatas merupakan salah satu tugas mata kuliah Akuntansi. Mau beli ecer atau partai besar bisa!! STRATEGI PEMASARAN ABON IKAN BANDENG Ikan Bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara.

Step by step Abon ikan bandeng (bajabu)

  1. Masukkan ikan+air+asam+garam k wajan masak hingga matang.tiriskan & diamkan 5 menit.
  2. Setelah ikannya tdk panas, pisahkan ikan dgn tulangnya lalu ulek kasar ikannya.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan+daun salam+daun jeruk.
  4. Tambahkan ikan+air asam+kaldu bubuk+gula merah. Aduk&tes rasa.
  5. Butuh tenaga untuk mengaduk abon krn di masak hingga kering kecoklatan..
  6. Setelah itu diamkan abon hingga uap panas nya hilang lalu siap masuk dlm toples/wadah. Bisa tahan 3 Minggu.

Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae (bersama enam genus tambahan dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Bisnis abon ikan bandeng menguntungkan dengan keuntungan yang mampu digunakan memenuhi kebutuhan sehari – hari. Menjalankan usaha abon ikan bandeng ini memang membutuhkan beberapa persiapan misalnya saja modal awal. Jika usaha pemula maka gunakan modal kecil dahulu. Prinsip Pembuatan Abon Ikan Pada prinsipnya abon ikan merupakan suatu metode pengawetan dengan kombinasi antara perebusan / pengukusan dan penggorengan serta penambahan bumbu-bumbu tertentu.

Cara mudah Meracik Bajabu bugis / abon ikan Terbaru

Bajabu bugis / abon ikan. Ma bajabu bale ( membuat abon ikan ) Acara pernikahan ilham dan ika. Jadi Bajabu sama dengan abon ikan. Resep bajabu ini saya dapat dari mama, dan pastinya saya bawa dong resepnya ke Honolulu.

Bajabu bugis / abon ikan Abon ini mudah dibuat, bahkan berbagai macam cara membuat abon Abon merupakan salah satu jenis makanan olahan yang umumnya berasal dari daging sapi, ayam, dan juga ikan yang disuwir-suwir dengan berbentuk. Pertama-tama ikan tuna atau ikan layang dikukus hingga matang. Setelah itu, ikan yang sudah matang tersebut disuwir hingga daging dan tulangnya berpisah. Anda dapat memasak Bajabu bugis / abon ikan menggunakan 18 bahan dan 11 langkah demi langkah. Begini cara membuat Bajabu bugis / abon ikan yang baik.

Bahan-bahan Bajabu bugis / abon ikan

  1. Anda perlu 5 ekor untuk Ikan layang/momar ukurn sedang (bisa ganti ikan apa aja).
  2. Anda Membutuhkan 2 bungkus untuk Santan kara uk.kecil.
  3. Siapkan 4 lembar untuk daun salam.
  4. Anda Membutuhkan 4 lembar untuk daun jeruk.
  5. Anda Membutuhkan Secukup untuk nya air asam jawa.
  6. Siapkan 1 saset untuk royco ayam.
  7. Siapkan Secukupnya untuk Gula merah.
  8. Anda perlu untuk Garam.
  9. Siapkan 1/2 saset untuk ketumbar.
  10. Siapkan 1/4 saset untuk merica.
  11. Anda perlu Secukupnya untuk kunyit saset.
  12. Anda Membutuhkan untuk Bumbu halus :.
  13. Anda Membutuhkan 10 siung untuk bawang merah.
  14. Anda perlu 8 siung untuk bawang putih.
  15. Anda Membutuhkan untuk Jahe (sepanjang jari jentik).
  16. Anda Membutuhkan untuk Lengkuas (sepanjang jari telunjuk).
  17. Anda Membutuhkan 5 btg untuk sere ambil ujungnya yg putih.
  18. Anda Membutuhkan 6 buah untuk cabe kriting merah (bisa skip).

Bajabu termasuk salah satu hidangan lebaran khas Bugis. Abon ikan kelapa ini akan disajikan dengan buras khas Bugis. Termasuk hidangan yang harus ada di meja makan saat Lebaran.. Bajabu Kaluku (Abon Kelapa ala Bugis).

Langkah-langkah Bajabu bugis / abon ikan

  1. Bersihkan isi perut ikan, potong bagi 2 (kepalanya sy buang) cuci bersih..
  2. Setelah bersih rebus ikan dengan air asam jawa. Kira2 20 mnit dengan api sedang..
  3. Setelah ikan masak dan empuk. Pisah tulang sm daging ikan nya..
  4. Kemudian hancurkan ikan menggunakan (me) garpu / bisa juga d tumbuk..
  5. Siapkan bumbu halus, (me) di blender semua..
  6. Tumis bumbu halus, masukan daun salam dan daun jeruk, masukan royco, ketumbar, merica, kunyit, garam tumis sampe harum dan bumbu mulai masak. Kemudian masukan air dan santan kara. Aduk2 sampai mendidih..
  7. Krn santan kara ngk sperti santan kelapa asli yg mudah berminyak jd ngk ush d tunggu santannya sampai berminyak. Setelah santan mendidih dan surut. Masukan ikan, sedikit air asam dan gula merah sedikit saja..
  8. Ditahap ini harus extra strong yah buk… Krn setelah ikan dimasukan ke bumbu harus di aduk terus menerus smpai kering..
  9. Setelah kering dan warna kecoklatan. Matikan kompor biarkan sampai dingin. Bisa di simpan d toples untuk d makan kapan sj. Dan tahan berminggu2 yah buk….
  10. Hidangkan dengan nasi hangat. Atau bisa d jadikan isian lemper dll..
  11. Selamat mencoba dan menikmati 😘.

Abon ikan ini cukup laris manis dan digemari banyak orang lho. Pasalnya abon ikan memang memiliki rasa yang lezat dan sangan nikmat. Bentuk dan rasa dari abon ikan ini nggak kalah dari abon daging sapi atau ayam. Selain itu abon ikan juga sehat karena mengandung nutrisi bagus untuk tubuh. Hidangan yang satu ini merupakan abon ikan, yang biasanya menggunakan ikan tongkol kemudian dicampur dengan kelapa parut dan bumbu halus lainnya.

Cara Meracik Abon Ikan Rabo' Ikan Bajabu' Terbaik

Abon Ikan Rabo' Ikan Bajabu'. Ma bajabu bale ( membuat abon ikan ) Acara pernikahan ilham dan ika. Jadi Bajabu sama dengan abon ikan. Resep bajabu ini saya dapat dari mama, dan pastinya saya bawa dong resepnya ke Honolulu.

Abon Ikan Rabo' Ikan Bajabu' Abon ikan ini cukup laris manis dan digemari banyak orang lho. Pasalnya abon ikan memang memiliki rasa yang lezat dan sangan nikmat. Bentuk dan rasa dari abon ikan ini nggak kalah dari abon daging sapi atau ayam. Anda dapat memasak Abon Ikan Rabo' Ikan Bajabu' menggunakan 9 bahan dan 6 step by step. Inilah cara membuat Abon Ikan Rabo' Ikan Bajabu' yang benar.

Bahan-bahan Abon Ikan Rabo' Ikan Bajabu'

  1. Anda perlu 600 gr untuk daging ikan (sudah direbus dan tanpa tulang).
  2. Anda Membutuhkan 20 butir untuk bawang merah.
  3. Anda Membutuhkan 15 siung untuk bawang putih.
  4. Anda perlu 10 biji untuk Lombok keriting, boleh lebih.
  5. Siapkan 3 btg untuk sere.
  6. Anda perlu Seibu jari untuk Laos dan seruas jari kunyit.
  7. Anda Membutuhkan 2 lbr untuk daun salam.
  8. Anda Membutuhkan 850 ml untuk Santan kental dari 1-2 kelapa.
  9. Anda perlu untuk Garam dan gula.

Selain itu abon ikan juga sehat karena mengandung nutrisi bagus untuk tubuh. Selain enak, abon ikan juga menyehatkan. Yang paling menguntungkan dari abon ikan adalah bisa tahan lama, sama seperti abon sapi yang menjadi saingannya. Kamu bakal ketagihan jika makan sesuatu yang ditaburi dengan abon ikan.

Langkah-langkah Abon Ikan Rabo' Ikan Bajabu'

  1. Rebus ikan, ambil dagingnya. Ulek halus..
  2. Blender bawang merah putih, lombok keriting, sere, Laos, kunyit..
  3. Masak santan dan bumbu halus, daun salam. Sampai mendidih..
  4. Masukkan ikan. Setelah agak berkurang airnya, masukkan garam dan gula. Cek rasa. Aduk terus sampai berkurang atau habis airnya/mengering..
  5. Ini terserah ya.. mau kering banget atau kering tapi lembut agak basah. Kalo saya suka masih agak basah biar lebih rasa bumbunya. Enak dimakan pake apaaaaa aja. Nasi, ketan, buras, atau untuk isian lemper, panada dll..
  6. Oia, saya kalo masak ikan rebusnya 3 hari sebelum dibikin Rabo'/ bajabuk ya.. terus saya masak ikannya pake air asam dan garam jadi meresap gitu.. tapi kalo ngerebus ikannya dadakan, nanti pas masak santan sama bumbunya kasih air asam sedikit. Jadi terserah yang mana mudah kita kerjakan…

Tak perlu makanan mewah, cukup nasi dengan taburan. Prinsip Pembuatan Abon Ikan Pada prinsipnya abon ikan merupakan suatu metode pengawetan dengan kombinasi antara perebusan / pengukusan dan penggorengan serta penambahan bumbu-bumbu tertentu. Produk yang dihasilkan mempunyai tekstur yang lembut, rasa dan aroma yang khas. Teman setia nasimu saat kamu bingung mau makan apa. Sajian lezat abon dari ikan tongkol gurih ini sangat istimewa dengan racikan bumbu khusus sehingga cocok untuk teman makan nasi.

Cara mudah Meracik Bajabu bale/ abon ikan bandeng Terlengkap

Bajabu bale/ abon ikan bandeng. Ma bajabu bale ( membuat abon ikan ) Acara pernikahan ilham dan ika. Следующее. Abon ikan / samblingkung khas bangka. Enak rasanya, cocok untuk usaha abon ikan.

Bajabu bale/ abon ikan bandeng Ikan bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae (bersama enam genus tambahan yang dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Usaha Abon Ikan Bandeng, Peluang Usaha Abon Bandeng, Harga Abon Bandeng, Jual Abon Bandeng, Bisnis Abon Bandeng. Anda dapat membuat Bajabu bale/ abon ikan bandeng menggunakan 11 bahan dan 6 langkah demi langkah. Inilah cara memasak Bajabu bale/ abon ikan bandeng yang baik.

Bahan-bahan Bajabu bale/ abon ikan bandeng

  1. Anda perlu untuk Ikan bandeng 2 ekor yg besar.
  2. Siapkan 500 ml untuk Santan kira2.
  3. Anda Membutuhkan untuk Asam.
  4. Siapkan untuk Garam.
  5. Anda perlu untuk Bumbu ::.
  6. Anda perlu 6 bj untuk Bawang merah.
  7. Anda Membutuhkan 5 bj untuk Bawang putih.
  8. Anda Membutuhkan 3 bji untuk Serai.
  9. Anda perlu 1 sdt untuk Ketumbar.
  10. Anda Membutuhkan 6 bj untuk Kemiri.
  11. Anda Membutuhkan untuk Kunyit se telunjuk aj.

STRATEGI PEMASARAN ABON IKAN BANDENG Ikan Bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae (bersama enam genus tambahan dilaporkan pernah ada namun sudah punah). Bisnis abon ikan bandeng menguntungkan dengan keuntungan yang mampu digunakan memenuhi kebutuhan sehari – hari. Menjalankan usaha abon ikan bandeng ini memang membutuhkan beberapa persiapan misalnya saja modal awal.

Instruksi Bajabu bale/ abon ikan bandeng

  1. Pertama,ikannya kita rebus bersma ayam dn garam y moms,..ikanny ini ikan yg sdh d bersihkan insangx n isi perutnya. D msk yg penting udh msk jgn tllu lma nti hancur.
  2. Stlah ikan mskk, d dinginkan. Trus d pisahkan daging dn tulang ikan.
  3. Tumis bumbu yg sdh di haluskan, mskkan daun jeruk, daun salam, serai, tumis hg harum,msukkan santan dan ikan..
  4. Mulai aduk2 smpai santannya menyusut dan msakkan mengering ga mnggumpal,.
  5. Sdkit tips, waktu mskk awal (santan dn ikan msih cair) pke api agk besar, kmudian ketika air santan mulai mngering kcilkan api sambil trus mnggoreng..
  6. Selamat mncoba moms.

Jika usaha pemula maka gunakan modal kecil dahulu dengan. Bagaimana cukup mudah bukan Cara Membuat Abon Dari Ikan Bandeng untuk dipraketkkan dirumah? Semoga dengan resep masakan mengenai ikan bandeng ini bisa anda jadikan salah satu. Ikan bandeng memiliki bentuk badan yang baik, hal ini memudahkan untuk bandeng berenang dengan cepat, bentuk yang hampir menyerupai tornadao. Bandeng adalah ikan asli air laut yang dikenal sebagai petualang ulung walaupun dapat hidup di tambak air payau, maupun dipelihara di air tawar.

Resep: Bajabu ikan Tuna (abon Bugis) Terlengkap

Bajabu ikan Tuna (abon Bugis). Abon ikan / samblingkung khas bangka. Ma bajabu bale ( membuat abon ikan ) Acara pernikahan ilham dan ika. Abon Ikan Tuna Asli Ternate Murah Harga Grosir dan Eceran.

Bajabu ikan Tuna (abon Bugis) Ikan Tuna merupakan ikan laut pegagik yang termasuk bangsa Thunini. Ikan ini terdiri dari beberapa spesies dalam famili Scombride, khusus nya Thunnus. Selain itu, tuna juga sangat pandai dalam hal berenang. Anda dapat memasak Bajabu ikan Tuna (abon Bugis) menggunakan 17 bahan dan 3 step by step. Inilah cara memasak Bajabu ikan Tuna (abon Bugis) yang baik.

Bahan-bahan Bajabu ikan Tuna (abon Bugis)

  1. Anda Membutuhkan 500 gr untuk Daging Ikan tuna yg sudah di suir2.
  2. Anda perlu 700 ml untuk santan dari kelapa parut.
  3. Siapkan 3 lembar untuk daun salam.
  4. Anda Membutuhkan 5 lembar untuk daun jeruk.
  5. Siapkan 2 batang untuk Sereh.
  6. Anda Membutuhkan 4 ruas jari untuk lengkuas.
  7. Siapkan 7 buah untuk kemiri.
  8. Anda Membutuhkan 15 buah untuk bawang merah.
  9. Anda Membutuhkan 8 buah untuk bawang putih.
  10. Siapkan 4 ruas untuk kunyit.
  11. Anda perlu 2 sendok teh untuk Ketumbar butir sangrai.
  12. Anda perlu 1 sendok teh untuk jintan sangrai.
  13. Anda perlu 2 sendok teh untuk merica.
  14. Anda Membutuhkan 2 sendok untuk Gula pasir.
  15. Anda perlu 2 ruas untuk kari jahe.
  16. Anda perlu 2 sendok untuk Garam.
  17. Anda perlu Secukupnya untuk Lombok keriting (klo saya skip karena anak saya tdk suka pedas).

Apabila pada umum nya daging dari ikan berwarna putih, maka lain hal nya dengan tuna. Abon Ikan Tuna paling laris di Indonesia sampai luar Jawa lo!! Pertama-tama ikan tuna atau ikan layang dikukus hingga matang. Ikan tuna merupakan ikan laut yang sering ditemukan di Indonesia.

Instruksi Bajabu ikan Tuna (abon Bugis)

  1. Bumbu dihaluskan kecuali daun salam dan daun jeruk lalu di tumis sampai wangi kemudian masukkan daun salam, daun jeruk lalu turunkan santannya biarkan mendidih lama sampai keliatan.
  2. Ikannya yg sudah disuir lalu di tumbuk / dihaluskan dimasukkan ke dalam santan yg sudah mendidih tadi aduk terus Sampai kering.
  3. Setelah kering angkat dan siap di hidangkan…..sebaiknya gunakan toples yg kedap udara agar tahan lebih lama.

Banyak menu makanan yang menggunakan ikan tuna sebagai bahan dasarnya. Mulai dari bakso, sup, sushi, sampai abon.. Laboratorium teknologi pengolahan panganprogram studi teknologi. Kandungan Dan Manfaat Abon Ikan Tuna Bagi Kesehatan. Banyak sekali kandungan protein yang terdapat dalam Ikan, terutama ikan Tuna.

Resep: Bajabu ikan (abon ikan) Terbaik

Bajabu ikan (abon ikan). Ma bajabu bale ( membuat abon ikan ) Acara pernikahan ilham dan ika. Jadi Bajabu sama dengan abon ikan. Resep bajabu ini saya dapat dari mama, dan pastinya saya bawa dong resepnya ke Honolulu.

Bajabu ikan (abon ikan) Abon ikan meskipun instan, tetap memiliki nutrisi tinggi yang masih terjaga. Abon ini mudah dibuat, bahkan berbagai macam cara membuat abon ikan pun banyak tersedia di berbagai media. Abon merupakan produk makanan olahan yang sudah lama dikenal masyarakat, khususnya di wilayah. Anda dapat memasak Bajabu ikan (abon ikan) menggunakan 12 bahan dan 8 step by step. Begini cara membuat Bajabu ikan (abon ikan) yang baik.

Bahan-bahan Bajabu ikan (abon ikan)

  1. Anda Membutuhkan 1 ekor untuk tongkol ukuran sedang.
  2. Anda perlu 2 sendok teh untuk garam.
  3. Anda perlu 1 sendok teh untuk gula.
  4. Siapkan 1 bungkus untuk masako.
  5. Anda perlu 10 sendok makan untuk minyak.
  6. Anda perlu untuk Bumbu halus.
  7. Anda Membutuhkan 8 butir untuk kemiri.
  8. Anda Membutuhkan 5 siung untuk bawang putih.
  9. Siapkan 8 siung untuk bawang merah.
  10. Anda perlu 2 ruas jari untuk jahe.
  11. Siapkan 2 batang untuk serai.
  12. Anda Membutuhkan 25 buah untuk cabe (sesuai selera).

Selamat Siang, Sudah Makan siang belum gaesss? Nihhh aku tawarkan produk Bajabu Ikan Tiga Putri,, Bajabu Sehat, Rendah Kolesterol di Jamin bikin ketagihan,,, Kuy di order gaes. Abon ikan adalah variasi olahan ikan yang sering dijumpai di pasar selain abon daging. Hampir sama dengan abon daging, abon ikan juga memiliki Abon ikan mulai digandrungi pelaku bisnis yang berani berkompetisi di bidang kuliner.

Instruksi Bajabu ikan (abon ikan)

  1. Rebus/goreng/bakar ikan lalu suwir-suwir sampai halus.
  2. Haluskan bumbu (saya di ulek).
  3. Panaskan minyak,tumis bumbu sampai harum.
  4. Tambahkan garam,gula,masako sambil terus diaduk.
  5. Masukkan suwiran ikan ke dalam bumbu (api sedang).
  6. Aduk terus bila ikan lengket di wajan terus saja aduk biar tidak gosong.
  7. Masak sampai ikan berwarna coklat dan kering berhambur.
  8. Angkat dan hidangkan.

Indonesia sangat mendukung mereka karena ketersediaan. Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak kita jumpai dipara penjual ikan hias. Pada zaman dahulu ikan koi hanya bisa Tetapi sekarang ini ikan koi sudah banyak diperjual belikan secara bebas. Harga ikan koi sekarang yang lumayan terjangkau dan warnanya yang cantik. Abon ikan yang dikenal dengan nama Bajabo kelapa itu biasanya dapat dijumpai di meja makan masyarakat Bugis ketika lebaran tiba.

Resep: Abon ikan bandeng (bajabu) Terbaru

Abon ikan bandeng (bajabu). Ma bajabu bale ( membuat abon ikan ) Acara pernikahan ilham dan ika. Cara Mengolah Abon Ikan Bandeng: Daging bandeng dibersihkan dengan mengeluarkan isi perut dan membuang kepalanya Bagaimana cukup mudah bukan Cara Membuat Abon Dari Ikan Bandeng untuk dipraketkkan dirumah? Semoga dengan resep masakan mengenai ikan bandeng ini bisa anda.

Abon ikan bandeng (bajabu) Pasalnya abon ikan memang memiliki rasa yang lezat dan sangan nikmat. Abon ikan ini sangat cocok disajikan sebagai lauk utama. Menariknya lagi, abon ikan ini juga awet tahan lama. Anda dapat memasak Abon ikan bandeng (bajabu) menggunakan 18 bahan dan 6 langkah demi langkah. Begini cara membuat Abon ikan bandeng (bajabu) yang benar.

Bahan-bahan Abon ikan bandeng (bajabu)

  1. Anda perlu 5 untuk ikan bandeng bagian ekor nya.
  2. Anda perlu 2 biji untuk asam.
  3. Siapkan 300 ml untuk air.
  4. Siapkan 1 sdt untuk garam.
  5. Anda perlu 300 ml untuk santan (65 ml santan kara +air).
  6. Siapkan 2 lembar untuk daun salam.
  7. Siapkan 4 lembar untuk daun jeruk.
  8. Anda perlu 1 sachet kecil untuk kaldu bubuk (m*sako).
  9. Siapkan 1 sdm untuk gula merah.
  10. Anda Membutuhkan 2 sdm untuk air asam.
  11. Anda perlu untuk Bumbu halus :.
  12. Anda Membutuhkan 5 untuk bawang merah.
  13. Siapkan 4 untuk bawang putih.
  14. Siapkan 1 sdt untuk ketumbar.
  15. Anda perlu 1 ruas untuk jahe.
  16. Anda Membutuhkan 3 batang untuk sereh bagian putihnya.
  17. Siapkan 2 butir untuk kemiri.
  18. Siapkan 5 sdm untuk Minyak goreng untuk menumis.

Cukup dengan menyimpannya di wadah tertutup, jadi mutu abon ikan bisa terjaga dengan baik. Mau beli ecer atau partai besar bisa!! Prinsip Pembuatan Abon Ikan Pada prinsipnya abon ikan merupakan suatu metode pengawetan dengan kombinasi antara perebusan / pengukusan dan penggorengan serta penambahan bumbu-bumbu tertentu. Produk yang dihasilkan mempunyai tekstur yang lembut, rasa dan aroma yang khas.

Langkah-langkah Abon ikan bandeng (bajabu)

  1. Masukkan ikan+air+asam+garam k wajan masak hingga matang.tiriskan & diamkan 5 menit.
  2. Setelah ikannya tdk panas, pisahkan ikan dgn tulangnya lalu ulek kasar ikannya.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan+daun salam+daun jeruk.
  4. Tambahkan ikan+air asam+kaldu bubuk+gula merah. Aduk&tes rasa.
  5. Butuh tenaga untuk mengaduk abon krn di masak hingga kering kecoklatan..
  6. Setelah itu diamkan abon hingga uap panas nya hilang lalu siap masuk dlm toples/wadah. Bisa tahan 3 Minggu.

Bisnis abon ikan bandeng menguntungkan dengan keuntungan yang mampu digunakan memenuhi kebutuhan sehari – hari. Menjalankan usaha abon ikan bandeng ini memang membutuhkan beberapa persiapan misalnya saja modal awal. Jika usaha pemula maka gunakan modal kecil dahulu. STRATEGI PEMASARAN ABON IKAN BANDENG Ikan Bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae (bersama enam genus tambahan dilaporkan pernah ada namun sudah punah).

Resep: Abon Ikan a.k.a BAJABU BUGIS Terbaru

Abon Ikan a.k.a BAJABU BUGIS. Resep Abon Ikan a.k.a BAJABU BUGIS favorit. Menu Lebaran kami sekeluarga yang tidak boleh dilewatkan. Khusus bajabu ini saya memakai ikan layang karena rasanya lebih gurih daripada ikan tuna atau tongkol.

Abon Ikan a.k.a BAJABU BUGIS Bajabu ini cocok banget dicocol bareng buras atau tumbu'. Mengenang Ummi dengan menu Bugis,serentetan ingatan kembali. Dulu suka makan Peca' dengan Bajabu ini. Anda dapat membuat Abon Ikan a.k.a BAJABU BUGIS menggunakan 16 bahan dan 5 langkah demi langkah. Begini cara membuat Abon Ikan a.k.a BAJABU BUGIS yang baik.

Bahan-bahan Abon Ikan a.k.a BAJABU BUGIS

  1. Siapkan 1 Kg untuk Ikan Layang.
  2. Siapkan 1 Buah untuk Kelapa Parut.
  3. Siapkan 200 ml untuk Santan Kental.
  4. Siapkan secukupnya untuk Air minum.
  5. Anda perlu Sejumput untuk Garam.
  6. Siapkan 5 Buah untuk Daun Jeruk.
  7. Anda perlu 3 Buah untuk Daun Salam.
  8. Anda perlu untuk Bumbu Halus.
  9. Anda Membutuhkan 8 Butir untuk Bawang Merah.
  10. Anda Membutuhkan 6 Butir untuk Bawang Putih.
  11. Anda perlu 1/2 Sdt untuk Lada.
  12. Anda Membutuhkan 1 Sdm untuk Ketumbar.
  13. Anda Membutuhkan 1 Ruas untuk Jahe.
  14. Anda Membutuhkan 1 Ruas untuk Lengkuas.
  15. Siapkan 3 Batang untuk Serai diambil putihnya.
  16. Anda perlu 12 Biji untuk Cabe Rawit.

Peca adalah Bubur yang dikasi sedikit santan jadi gurih ditambah sambel yang extra pedes,nikmat banget ditambah teh manis. Aku suka makan Bajabu ini,kalau pengen pedes bisa tambahkan cabe rawit. Ada dua jenis Bajabu dalam Menu Bugis,Bajabu Bale dan Bajabu Kaluku. Lihat juga resep Ikan gabus masak keluak (bale bolong nasu kaloa) khas bugis enak lainnya!

Langkah-langkah Abon Ikan a.k.a BAJABU BUGIS

  1. Ikan dimasak palumara terlebih dahulu dengan cara campur air secukupnya, asam, kunyit bubuk dan garam. Setelah matang diamkan hingga dingin lalu disuwir dan diulek.
  2. Kelapa parut disangrai hingga kecoklatan lalu di blender hingga halus.
  3. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng, masukkan daun salam, daun jeruk dan garam. Setelah 3 menit tambahkan ikan yang telah diulek dan air, aduk hingga rata..
  4. Tambahkan santan 100 ml terlebih dahulu, aduk rata diamkan 5 menit lalu masukkan kelapa parut yang telah dihaluskan. Usahakan bahan terendam air keseluruhan, bila air kurang bisa ditambah..
  5. Masukkan sisa santan kemudian aduk2 hingga bahan menyusut dan mengering kecoklatan. Abon siap dihidangkan.

Bila ingin barongko mulus bisa dibuang biji tengahnya dahulu kalau tidak bisa di skip. Campur adonan pisang telur bersama santan dan SKM. Bajabu termasuk salah satu hidangan lebaran khas Bugis. Keberadaanya tersebar luas di Sulawesi Selatan. Hidangan ini disebut juga abon ikan kelapa.

Resep: Abon ikan (bajabu) Terbaik

Abon ikan (bajabu). Ma bajabu bale ( membuat abon ikan ) Acara pernikahan ilham dan ika. Cara membuat makanan khas orang Bugis yaitu "BAJABU" yang terbuat dari bahan dasar ikan cakalang, cocok dimakan dengan buras atau songkolo 👍 Follow IG kami. Bajabu adalah sejenis abon yang terbuat dari ikan. tetapi rasanya lebih gurih dan biasanya dicampur dengan kelapa atau santan.

Abon ikan (bajabu) Abon ikan mulai digandrungi pelaku bisnis yang berani berkompetisi di bidang kuliner. foto bajabu,gambar bajabu,gana bajabu,gana bajabu sambalpuri song,herman bugis,hotel di sinjai,hotel sinjai,ikan khas makassar,jual abon ikan cakalang,jual bajabu,kue pia makassar,kuliner. Abon ikan meskipun instan, tetap memiliki nutrisi tinggi yang masih terjaga. Nikmati Bajabu, Olahan Abon kelapa khas Bugis. Anda dapat membuat Abon ikan (bajabu) menggunakan 10 bahan dan 5 step by step. Begini cara membuat Abon ikan (bajabu) yang baik.

Bahan-bahan Abon ikan (bajabu)

  1. Anda perlu 1 ekor untuk ikan tuna atau cakalang.
  2. Anda perlu 5 siung untuk Bawang merah.
  3. Anda Membutuhkan 3 siung untuk bawang putih.
  4. Anda Membutuhkan Secukupnya untuk merica.
  5. Siapkan Secukupnya untuk ketumbar.
  6. Anda perlu 10 bh untuk cabe rawit (kurangi klu gak suka pedas).
  7. Anda Membutuhkan untuk Santan 150 ml (aku pake 2 bh santan kara di+ air sampe 150 ml).
  8. Siapkan secukupnya untuk Garam, penyedap.
  9. Anda perlu 1 btng untuk sereh.
  10. Anda perlu 1/2 sdt untuk kunyit bubuk.

Abon ikan yang dikenal dengan nama Bajabo kelapa itu biasanya dapat dijumpai di meja makan masyarakat Bugis ketika lebaran tiba. Abon ikan ini cukup laris manis dan digemari banyak orang lho. Pasalnya abon ikan memang memiliki rasa yang lezat dan sangan nikmat. Abon ikan ini sangat cocok disajikan sebagai lauk utama.

Step by step Abon ikan (bajabu)

  1. Bersihkan ikan kemudian beri garam, jeruk dan kunyit bubuk.
  2. Rebus ikan angkat kemudian pisahkan dari tulangnya kemudian ditumbuk agak halus..
  3. Haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih merica dan ketumbar.
  4. Masak bumbu,ikan beri santan, sereh…masak hingga meresap santannya.
  5. Masukan garam, penyedap tes rasa masak kembali hingga kering.

Abon ikan terbuat dari bahan baku utama daging ikan. Ikan yang digunakan bisa bermacam-macam namun ada umumnya menggunakan ikan tongkol. Ikan tongkol memiliki cita rasa yang sangat khas. Prinsip Pembuatan Abon Ikan Pada prinsipnya abon ikan merupakan suatu metode pengawetan dengan kombinasi antara perebusan / pengukusan dan penggorengan serta penambahan. Abon dari daging ikan tak kalah enak lho disejajarkan dengan abon ayam atau sapi.