Resep Kuah Sate Padang

Tebarkan Cinta
Rahasia Sate Padang
Indonesia punya berbagai masakan berjenis sate, seperti sate ayam madura, sate lilit bali, sate kambing, sate ikan dan lainnya. Sate padang juga tak kalah terkenal. Meskipun rasanya lebih pedas dibanding sate lainnya, penikmat kuliner tetap memburunya. Apa sih yang menjadi rahasia sate padang? Banyak orang menikmati sate ini karena dagingnya khas. 

Daging yang dipakai memang berbeda dengan sate lain. Sate padang biasanya menggunakan daging kerbau atau jeroan sapi misalnya lidah, paru, jantung sapi. Beberapa daerah di Sumatera Barat seperti Pariaman menggunakan pula usus sapi atau daging sandung lamur. 
Ada pula yang menyebutkan bahwa kelezatannya itu karena kuah sate padangnya. Ya, kuah sate padang sangat unik. Biasanya sate memakai kuah dari kecap hitam ditambah potongan cabai atau kuah kacang. Namun sate padang warna kuahnya kuning kental seperti kuah kari. Rasanya pedas tapi dijamin ketagihan. 
Sulit tidak ya membuatnya?

Bahan-bahan :
Untuk resep kuah sate padang mudah dicari kok. Kita siapkan 25 gram tepung beras, 1 sendok makan tepung sagu. Untuk dicampur dengan daging siapkan 1 lembar daun kunyit, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, 4 lembar daun jeruk, 1 batang serai yang sudah dimemarkan, 3 cm asam kandis, 1 sdt garam. Jika Anda ingin menggunakan lidah sapi atau bagian daging lainnya jangan lupa untuk direbus dan dicuci bersih. Bumbu-bumbu yang harus dihaluskan antara lain 8 buah cabai merah keriting, 1 sdt ketumbar bubuk, ½ sdt lada dan jintan hitam, 6 buah bawang merah, 1 sdt kari bubuk, kunyit dan jahe 2 cm, minyak goreng secukupnya. 

Cara membuatnya rebus daging atau lidah sapi itu dicampur dengan bumbu halus, kunyit, lengkuas, daun jeruk, serai, asam kandis dan garam. Masaklah hingga daging atau lidah itu empuk. Angkat dan tiriskan. Siapkan tusuk satenya dan potong sesuai ukuran sekitar 1x2x1 cm. Sate bisa dipanggang di atas bara api sambil dioles dengan minyak hingga matang.  Air kaldu yang bekas memasak daging atau lidah jangan dibuang dulu.

Kemudian 

Cara membuat :
Panaskan air kaldunya dan tambahkan sekitar 500 ml air. Tunggu sampai air mendidih, setelah itu campurkan tepung beras, sagu dan bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan ke dalam air tersebut. Aduk-aduk terus hingga rata dan mengental. Angkat dari kompor. Setelah dagingnya siap, sajikan kuah kentalnya di atas daging. Bisa juga dipisahkan di wadah lain. Biasanya sate padang dimakan panas-panas dengan potongan ketupat dan taburan bawang goreng. Hmm, nikmaat. selamat menikmati.
Baca Juga :  Resep Bola Bola Biskuit Tempel Spingkel dan Meses