Resep Dendeng Balado

Tebarkan Cinta
Dendeng Balado, Kuliner Mudah Dibuat dan Dijamin Enak
Indonesia memiliki banyak ragam hidangan nusantara yang terkenal kelezatannya. Masakan-masakan ini bahannya ada yang terbuat dari daging, sayuran dan bumbu-bumbu tambahan lainnya. Tak heran karena Indonesia kaya akan sumber daya alam yang bisa diolah menjadi masakan sesuai daerah asal. Salah satu masakan yang terbuat dari daging adalah dendeng. Dendeng bisa dimasak dan diolah lagi menjadi masakan yang unik. Dari Sumatera Barat ada dendeng yang pasti pernah Anda dengar. Ya, dendeng yang terkenal yaitu dendeng balado. Dendeng balado berasal dari daerah tempat asal bapak proklamasi kita, Bung Hatta. Anda mungkin penasaran membuat masakan yang satu ini. Padahal Resep Dendeng Balado sangat mudah dan bahannya pun bisa ditemukan dimana-mana. Anda tak perlu bingung, Simak resepnya dibawah ini :

Pertama-tama bahan yang harus disiapkan adalah daging sapinya. Daging sapi yang bisa Anda buat untuk memasak dendeng tidak ada ketentuan khusus. Asalkan daging sapinya terjamin baik kualitasnya. Namun adapula yang menyarankan untuk memakai daging sapi has dalam atau daging paha (gandik) sapi. Kemudian bahan lainnya adalah bahan atau bumbu perendam serta balado. 
Bahan perendamnya yaitu 3-6 siung bawang putih, 3 buah bawang merah, 1 sdt lada putih bubuk dan ketumbar, 1 sdm air asam, garam dan gula secukupnya. Anda juga bisa menyiapkan air jeruk nipis dari 6 buah jeruk jika tidak ada air asam. Selain itu bumbu baladonya terdiri dari 8-12 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 10-12 buah cabai merah besar, 1 buah tomat, 1 sdt garam dan gula, 100ml minyak kelapa untuk menumis, 1 sdt merica bubuk dan ½ sdt cuka masak atau 1 sdm air asam. 
Cara Memasak :
Segera siapkan ½ kilo atau 1 kilogram daging sapi tersebut. Air untuk merebus dan minyak goreng jangan lupa.
Setelah semua bahan diatas tersedia, olah segera bumbu-bumbunya. Jika Anda ingin dendengnya kering maka dagingnya setelah dibersihkan dan dipotong tipis lebar sesuai arah serat dagingnya harus dijemur. Daging diremas dengan air jeruk nipis, garam dan bawang putih yang dihaluskan. Ketika dijemur dibawah panas matahari, daging harus kering betul. 
Meski dagingnya tidak harus dikeringkan dulu. Anda cukup merebus daging di air mendidih, campurkan dengan garam dan bumbu lainnya. Setelah ¾ matang tiriskan. Daging diiris tipis setebal 1 cm mengikuti alur seratnya, pukul dan memarkan. Aduk dengan bumbu perendamnya dan diamkan sekitar 30 menit. Kemudian daging digoreng dalam minyak panas hingga kering. Setelah ditiriskan, angkat daging campur dengan bumbu baladonya. Sebelumnya bahan baladonya ditumbuk kasar seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat. Lalu tumis bumbu kasar itu dengan merica, gula, garam, cuka/air asam hingga harum dan matang. Tiriskan sebentar langsung diaduk dengan dendeng dagingnya. Hmm, wanginya pasti mengoda. Mudah bukan membuatnya?
Baca Juga :  Tips Cara Membuat Bolu Panggang Pakai Panci