Kuah Padang

Tebarkan Cinta
Beragam Masakan Padang Nikmat
Penikmat kuliner pasti kenal masakan daerah nusantara satu ini. Ya, apalagi kalau bukan masakan padang. Masakan padang terkenal akan citarasanya yang gurih karena bersantan, menggugah selera makan karena menggunakan bumbu-bumbu khas padang. 

Masakan padang juga digemari karena mengandung cabai dan rasanya yang pedas. Jika kita berkunjung ke restoran padang, beragam masakan tersebut tersaji lengkap dengan saus cabai dan kuah kuning. Nikmatnya terasa pula dari segarnya daun lalapan ditambah sayur nangka. Nafsu makan pasti bertambah. Dari kuah padang yang khas ini membuat citarasa masakannya semakin nikmat. Lalu bisakah kita membuatnya sendiri? Coba kita simak segera resepnya.

Masakan padang yang beragam jenisnya tentu punya satu kekhasan yang jarang ditemui di daerah lain. Apa saja yang harus disiapkan untuk membuatnya? Kuah padang biasanya digunakan untuk berbagai jenis masakan. 

Ada yang disajikan dengan daging-dagingan, hidangan laut seperti cumi dan ikan atau dibuat untuk sayuran. Kuah padang kental atau agak sedikit cair, biasanya berwarna kuning. Kuah padang menggunakan bumbu kari dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Jika ingin lebih kental, Anda bisa menambahkan tepung maizena, tepung sagu dan tepung beras secukupnya. 

Setelah jadi, kuah padangnya bisa dicampurkan dengan bahan lainnya seperti daging atau cumi. Bisa pula dijadikan kuah sebagai tambahan masakan. Bahan-bahannya antara lain kunyit, bawang merah dan bawang putih, kelapa, daun serai. Santan juga harus disiapkan. Biasanya resep masakan kuah padang memakai santan kental. Misalnya untuk masakan kuah kari, cumi saus padang atau ayam kalio kuah.

Salah satu jenis masakan yang mengunakan kuah yaitu ayam kalio. 
Pertama siapkan 1 ayam utuh, potong jadi 8 bagian. Siapkan 2 batang serai yang dimemarkan, 1 sdm air jeruk nipis, 1 sdt garam, 1 lembar daun kunyit dan 3 lembar daun jeruk, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, 1 liter santan kental. Kemudian haluskan 16 cabai merah besar, 12 butir bawang merah dan 5 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar disangrai dulu, 2 sdt garam, 2 cm jahe dan 3 cm kunyit yang dibakar. Setelah itu ayam dicuci bersih lumuri dengan air jeruk nipis dan garam lalu diamkan. 

Baca Juga :  Resep Cara Membuat Nugget Tahu Sederhana

Tumis bumbu yang dihaluskan ditambah daun kunyit, daun jeruk, serai, lengkuas sampai tercium harum. Masukkan ayamnya sampai berubah warna lalu ditambahkan santan. Masak terus sampai ayam telah lunak. Jika kuah mengental dan berminyak maka bisa disajikan. Hmm, nikmat bukan.