Cara Memasak Daun Singkong Masakan Padang

Tebarkan Cinta
Daun Pelengkap Masakan Padang
Anda pasti kenal kuliner Indonesia yang akan disebutkan ini. Masakan padang dengan beragam pilihannya. Citarasanya tiada dua. Tetapi, masakan padang kurang lengkap jika dimakan tanpa daun yang satu ini. Seperti sambal padangnya, lalapan ini menambah citarasa masakan padang yang telah dikenal luas di nusantara. 
Lalu, lalapan apa yang biasanya dipakai untuk pelengkap masakan padang? Nah, biasanya lalapan masakan padang menggunakan daun singkong juga daun pepaya.  Sulit tidak sih membuatnya sendiri?. mudah kok


Daun singkong dipilih selain karena mudah didapat juga menyehatkan tubuh. Apalagi masakan padang sering menggunakan bahan-bahan seperti jeroan dan daging yang berlemak. Tentu jika dikonsumsi berlebihan kurang baik untuk kesehatan. Maka tak heran bila selalu ada lalapan daun singkong ditambah pepaya di rumah makan padang. 

Meski rasa daun singkong pahit banyak sekali manfaat yang ditemukan dalam kandungan nutrisinya. Daun singkong memiliki kandungan vitamin, asam amino, mineral dan protein yang dibutuhkan tubuh. Asam amino di dalam singkong berguna untuk memulihkan luka di kulit, regenerasi sel, menguatkan tulang, meningkatkan daya ingat dan memperlancar sistem metabolisme di tubuh. Proteinnya menjadi komponen pembentuk enzim dan membangun sel-sel tubuh pula. Daun singkong mengandung kloforil sebagai antioksidan dan zat pencegah kanker. 

Kandungan kalorinya rendah, sehingga daun singkong baik untuk dikonsumsi jika Anda butuh kandungan energi tinggi dan bisa dijadikan menu diet. Sebenarnya resep daun singkong ini mudah. Pilihlah daun singkong yang tidak terlalu tua atau terlalu muda. Coba lihat warna daunnya. Daun singkong yang baik adalah daun yang warnanya hijau terang dan masih segar karena baru dipetik. Potong daun singkong tersebut. Daun singkong kemudian dicuci bersih dengan air secukupnya. Anda bisa segera merebusnya di api sedang. Usahakan agar daun singkong terendam air seluruhnya. Anda dapat pula menambahkan 2-3 sdm garam di rebusan itu.

Baca Juga :  Cara memasak semur rebung tahu udang yang gurih dan lezat

Ada juga tips Agar daun singkong tetap segar dan berwarna hijau cerah, rahasianya pada bahan yang ditambahkan. Rumah makan padang biasanya menambahkan air abu dalam rebusan daun singkong itu. Misalnya untuk 6 ikat daun singkong dapat ditambahkan dengan 3 sdm air abu. Air abu ini bisa dibeli di toko yang menjual bahan masakan tradisional atau toko bahan kue. Air abu memang biasa dipakai agar bahan makanan menjadi kenyal. Selain itu ada pula yang menambahkan tips agar daun singkong tetap terlihat segar, ketika direbus jangan tutup pancinya. Sehingga asam pada daun singkong ikut keluar dengan uapnya. Nah, mudah bukan? Anda bisa coba sendiri di rumah.