Resep Tengkleng Iga Kambing Khas Klewer – Solo

Bagaimana Cara Memasak / Membuat Tengkleng Kambing Khas Solo? – Mungkin anda bertanya tanya, tengkleng itu apa sih? tengkleng ialah kuliner khas jawa tengah khususnya solo dan sekitarnya yang berisi tetelan tulang kambing (biasanya cuilan Iga) di bumbu santan kental. Lalu rasanya gimana? wuihh enak banget tuh… bukan dagingnya yang bikin menarik, tapi malah urat dan sisa daging yang menampel pada tulang yang bikin unik dan uenak.

Cara makannyapun harus dipegang tuh tulangnya, kalau makan nasi sayur biasa makan hanya 10 menit, tapi kalau sudah makan tengkleng kambing ini dapat lebih dari 30 menit, sebab sambik dinikmati rasa dan gurihnya urat diantara tulang iga itu. Di Daerah solo dan sekitarnya kuliner tengkleng ini sangat terkenal, bahkan mengalahkan satenya. Silahkan jalan jalan di daerah sekitar pasar klewer bila kebetulan singgah di kota solo, banyak yang menjajakan kuliner ini.
Namun bila anda malas jauh dan belum sempat maen kesana dapat bikin sendiri di rumah, untuk resepnya apa saja? tenang, sudah saya siapkan nih.. tinggal baca saja kemudian bawa daftar resepnya di warung si tante terdekat, cari ada nggak bumbu bumbunya…

Resep Dan Cara Membuat Tengkleng Iga Kambing Khas Klewer – Solo

Bahan Utama:

  • 500 gr Iga kambing , di potong-potong sesuai selera
  • 500 gr usus kambing, jeroan, lidah, indera pendengaran kambing, dipotong-potong kecil
Bahan Yang Dihaluskan:

  • 12 siung Bawang merah
  • 6 siung Bawang putih
  • 6 cm Kunyit
  • 6 butir Kemiri sangrai
  • 1 butir Pala
Bahan Yang Dimemarkan:

  • 4 cm Jahe
  • 4 cm Lengkuas
  • 2 batang Serai
Bahan lainnya:

  • 4 lembar Daun jeruk
  • 2 lembar Daun salam
  • 3 cm Kayu manis
  • 6 butir Cengkeh
  • 1 liter Air matang
  • Garam, secukupnya
  • Kecap manis,secukupnya (kalau ada bango)
  • 4 sdm Minyak goreng

Cara Membuat Tengkleng:

  1. Mula mula didihkan air didalam panci, rebus iga kambing selama 3 menit atau sampai keluar busa-busa dan kotoran.
  2. Lalu buang busa dan kotoran, angkat iga kambing dari panci dan sisihkan.
  3. Langkah selanjutnya didihkan kembali air didalam panci, lakukan hal yang sama menyerupai diatas untuk usus, jeroan, telinga, pengecap kambing.
  4. Kemudian panaskan minyak didalam wajan, tumis bumbu-bumbu yg dimemarkan, kemudian bumbu halus dan materi lainnya kecuali air matang, santan dan iga kambing , sampai harum.
  5. Lalu masukkan iga kambing, kemudian aduk-aduk sampai terbalut bumbu merata.
  6. Tambahkan air matang kedalamnya, dan biarkan mendidih, kemudian kecilkan api dan masak iga kambing sampai menjadi empuk.
  7. Tambahkan garam dan kecap manis. Tengkleng khas Klewer Solo siap disajikan bersama irisan jeruk nipis dan bawang goreng.

Baca Juga : Cara Membuat Nasi Liwet Khas Solo Komplet Yang Paling Enak 

Demikianlah resep dan cara menciptakan tengkleng iga kambing khas klewer solo jawa tengah, agak ribet tapi kesannya mak nyuss tenan.. selamat mencoba.

referensi : www.bango.co.id/resep/detail/561/tengkleng-klewer