Resep Cenil

Cemilan buat buka hari ini , alasannya yaitu takjil itu arti asalnya ‘ menyegerakan ‘ jadi saya gak menyebut ini takjil deh ya.. hihi .. pengennya kalo buka puasa tuh makan yang manis2 , tapi yang sewajarnya . Bikin ini ditungguin sama anak2. Liat umminya lagi mulung2 campuran warna yang cantik2 mereka pun ingin tau , ” ummi bikin camilan manis apa hari ini, untuk buka puasa nanti ya? Aku boleh bantu mi.” Kata sulungku .. beliau kalo liat umminya bikin camilan manis selalu pengen ikutan bantu , sama adeknya yg no 2 tuh .. kadang pakai berebut. Kaprikornus umminya nih gak konsen bikin camilan manis alasannya yaitu nyambi jadi ‘wasit’ . Dan beberapa hari selama ramadhan ini saya sangat2 mengurangi cemilan modern sprt cake , beralih ke jajanan tradisional , dan alhamdulillah ke 4 anakku jadi suka banget sama jajanan tradisional , ntah alasannya yaitu laper kan hbs puasa ,atau alasannya yaitu emang suka , tapi sambutannya , masyaaAllah .. bikim cenil ini tadi juga pada mau nambah trs , bikinnya sedikit , kwatir gak abis . Kata anak2,” camilan manis kelapanya yummy mi.” Hihi pokoknya semua camilan manis yg ada kelapanya mereka sebut camilan manis kelapa xixix

 
RESEP CENIL
Bahan
120gr terigu
100gr tepung sagu
1/4sdt garam
Air panas secukupnya
Pewarna masakan sesuai selera ( saya pakai pasta pandan )
Kelapa parut
Gula merah cair 

 
Cara menciptakan CENIL
1) campur semua tepung dan garam , aduk rta , tuangi air panas sedikit demi sedikit aduk dengan sendok , hingga campuran kalis , bagi menjai 2 campuran beri setetes pewarna /pasta , uleni lagi hingga tercampur rata
2) Pulung2 campuran , kemudian masak dalam air mendidih hingga mengapung biarkan agak usang , kemudian angkat
3) kukus kelapa parut dengan sedikit garam , kemudian kukus sekalian cenil ( jangan di campur kelapa dl ya , dikukus lagi agar cenil tidak terlalu kenyal ) ..kukus selama 15 menit
4) campur cenil dengan kelapa ,sajikam dengan gula merah cair