Resep Tongseng Sapi Tanpa Santan

Repost resep by @eunice_euston
• • •
Happy Lunch Friends.. 😙😙
Baru pertama kalinya bikin tongseng sendiri.. hubby suka banget makan tongseng kambing (ngga bole sering2 mahh kalo kambing😄)biasanya beli ama babang tongseng. Nihh pas lihat ada resep tongseng sapi di www.diahdidi.com @bunda_didi .. eksklusif pengen coba sanksi deh…😍😋
Sambil masak sambil pelototin foto bundadidi.. apa sudah seolah-olah penampakannya karna gres pertama kali masak rada grogi dan ingin tau rasanya.. sesudah simpulan masak tibalah saatnya hubby merasakan .. dannn yg bikin hepii hubby bilang “kuahnya saja sudah mantapppp banget” hasseikk dehhh lain kali brarti masak banyakin kuahnya aja dapat buat pagi siang malam 😂#ngirituangsayur.com 😂😆
.

RESEP TONGSENG SAPI TANPA SANTAN
Source : @bunda_didi
Recook : @eunice_euston

Bahan :

300 gram daging, belahan tetelan atau sandung lamur, potong kecil-kecil
1000 ml air

2 lembar daun salam

1 batang serai

1 lembar daun jeruk

1/2 sendok makan gula merah

1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera

3 sendok makan kecap

1/2 sendok makan bawang merah goreng

2 lembar kol, iris kasar

1 batang daun bawang, iris kasar

1 buah tomat  jikalau suka, potong-potong ( saya tadi nggak pakai kehabisan stok di dapur )
Bumbu Halus :

6 butir bawang merah

2 siung bawang putih

4 butir kemiri

1 cm jahe

1 cm kunyit

1/4 sendok te merica butiran


Cara Membuat TONGSENG SAPI TANPA SANTAN :

Tumis bumbu halus sampai harum dan matang

Masukkan daging, aduk sampai berubah warna

Masukkan air dan semua bumbu lain

Masak sampai mendidih, koreksi rasa

Tutup panci presto, masak api kecil sekitar 1/2 sampai 1 jam

Jika daging sudah empuk, buka panci presto yang sudah cuek tekanan panasnya, masukkan bawang goreng, kol dan daun bawang serta cabai merah utuh, masak sebentar sampai meresap dan kuah menyusut, nyemek gitu. Jika pakai tomat, masukkan juga tomat iris.

Note :

Jika tidak pakai panci presto, ungkep dengan panci biasa dengan api kecil sampai empuk dagingnya. .