Cara Mudah Memasak 127. Gulai Ayam Jawa Anti Gagal

1 min read

127. Gulai Ayam Jawa.

Cara Mudah Memasak 127. Gulai Ayam Jawa Anti Gagal

Sedang mencari ide resep 127. gulai ayam jawa yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal 127. gulai ayam jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 127. gulai ayam jawa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan 127. gulai ayam jawa yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah 127. gulai ayam jawa yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat 127. Gulai Ayam Jawa memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan Dan Bumbu yang Digunakan Dalam Pembuatan 127. Gulai Ayam Jawa

  1. Siapkan 1 ekor ayam.
  2. Kamu membutuhkan 500 ml santan kental.
  3. Persiapkan 1 liter santan encer.
  4. Kamu membutuhkan 1 jeruk nipis.
  5. Kamu membutuhkan BUMBU HALUS:.
  6. Persiapkan 1 ruas kunyit (bakar).
  7. Persiapkan 3-4 buah kemiri (sangrai).
  8. Siapkan 1 sdt ketumbar (sangrai).
  9. Persiapkan 8 siung bawang merah.
  10. Siapkan 5 siung bawang putih.
  11. Siapkan BUMBU CEMPLUNG:::.
  12. Kamu membutuhkan —————-.
  13. Kamu membutuhkan 4 daun salam.
  14. Persiapkan 5 daun jeruk (remas-remas).
  15. Kamu membutuhkan 1 batang serai besar (geprek).
  16. Persiapkan 1 ruas lengkuas (geprek).
  17. Persiapkan 1 ruas jahe (geprek).
  18. Kamu membutuhkan 1 sdt lada.
  19. Persiapkan 1 sdt garam.
  20. Persiapkan 1 sdt kaldu bubuk jamur/msg.

Langkah-langkah Memasak 127. Gulai Ayam Jawa

  1. Cuci bersih ayam kemudian lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurleb 15-30 menit, lanjut bilas kembali dan sisihkan..
  2. Siapkan bumbu halus, untuk kemiri dan ketumbar kita sangrai sebentar dan kunyit kita bakar sampai kering. Kali ini untuk bumbu halusnya saya pakai chopper (blender bumbu sedang rusak🤭). Jangan lupa selalu campur dengan sedikit minyak, bukan air..
  3. Panaskan sedikit minyak, karena dibumbu yang dihaluskan tadi sudah ada minyak. Tumis sampai bumbu harum tambahkan daun salam, jeruk, lengkuas, jahe dan batang serai. Saya pakai api kecil ketika menumis bumbu, bener-bener mateng taneg kalau orang jawa bilang (bebas sesuai selera ibu2)..
  4. Jika sudah layu dan haruum, masukkan potongan ayam. Tambahkan santan cairnya..
  5. Tambahkan lada dan garam secukupnya, masak sampai santan cairnya menyusut separuhnya/ayam sudah empuk. Jangan lupa sesekali tetap diaduk ya..
  6. Jika ayam sudah empuk tambahkan santan kentalnya. Aduk-aduk terus agar santan tidak pecah. Kalau sudah mendidih koreksi rasa, sesuaikan dengan lidah masing-masing. Saya untuk koreksi rasanya tidak diawal karena biasanya nanti kalau sudah ditambah santan kental rasa akan semakin gurih. Takut terlalu asin nanti..😁. Jika sudah klik, matikan dan siap dihidangkan…..🙂.
Resep Lainnya :   Resep Sambel cumi gak pake pete yang Bisa Manjain Lidah

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan 127. gulai ayam jawa yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Resep Acar nasi kebuli ala fe, Bisa Manjain Lidah

Acar nasi kebuli ala fe. Menu pelengkap wajib yg paling segar di nasi kebuli. Nanas merupakan agen antioksidan yg sangat efektif untuk menekan efek...
Tamara Octaviani
1 min read

Cara Mudah Membuat Telor Balado yang Bikin Ngiler

Telor Balado. Resep Telur Balado untuk Melengkapi Menu Harianmu. Simpan ke bagian favorit Inilah caranya mengolah resep telur balado khas Minang! Lihat juga resep...
Vina Valencia
1 min read

Cara Mudah Memasak Bolu Kukus Mekar (No Soda), Lezat

Bolu Kukus Mekar (No Soda). Anda sedang mencari ide resep bolu kukus mekar (no soda) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun...
Yuni Agustin
1 min read