Resep Sate Maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar yang Lezat Sekali

2 min read

Sate Maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar. Sate disajikan dengan acar sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar atau nasi timbel. Berbeda dengan khas Purwakarta, sate maranggi khas Medan hanya menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya, daging babi sudah diberi bumbu yang dengan rasa ketumbar yang menonjol. cara penyajian nya juga biasa dengan sambal oncom dan ketan bakar. Sate Maranggi Cianjur ini beda sendiri, karena dibuat dari daging sapi dan sambal oncom plus ketan bakar.

Resep Sate Maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar… Artikel ini telah tayang di sini. Reportase Zuhrufi Latifah Mahasiswi Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang SATE maranggi, sate khas Purwakarta ini terasa unik karena dihidangankan tanpa saus kacang seperti sate pada umumnya. Bahan utama sate maranggi adalah daging sapi, namun ada juga yang menjual sate maranggi b Sate yang biasanya menggunakan bahan daging sapi atau daging kambing muda ini memiliki cita rasa paduan manis, asam, dan pedas berasal dari paduan bumbu kecap, sambal cabai hijau ditambah sedikit cuka lahang (cuka yang terbuat dari tebu).

Lagi mencari inspirasi resep sate maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sate maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sate maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sate maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Sate disajikan dengan acar sambal tomat, sambal oncom, ketan bakar atau nasi timbel. Berbeda dengan khas Purwakarta, sate maranggi khas Medan hanya menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya, daging babi sudah diberi bumbu yang dengan rasa ketumbar yang menonjol. cara penyajian nya juga biasa dengan sambal oncom dan ketan bakar. Sate Maranggi Cianjur ini beda sendiri, karena dibuat dari daging sapi dan sambal oncom plus ketan bakar.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sate maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sate Maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar memakai 7 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Resep Lainnya :   Resep 305# Balado jengkol goreng Anti Gagal

Bahan-bahan Dan Bumbu yang Dibutuhkan Dalam Pembuatan Sate Maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar

  1. Persiapkan 500 gr daging sapi.
  2. Siapkan 500 gr Lemak sapi.
  3. Siapkan Ketumbar.
  4. Siapkan Kecap manis.
  5. Kamu membutuhkan Garam.
  6. Persiapkan Penyedap rasa.
  7. Siapkan Asam Jawa.

Dalam penyajiannya sate maranggi biasa dihidangkan bersama ketan bakar, sambal oncom atau nasi timbel. Dalam penyajiannya sate maranggi biasa dihidangkan bersama ketan bakar, sambal oncom atau nasi timbel. Sate Maranggi ini disajikan dengan ketan bakar dan sambal oncom! Nah bener gak ? beda dan unik banget!

Langkah-langkah Memasak Sate Maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar

  1. Potong daging dan lemaknya sesuai selera.
  2. Bumbu yang dihaluskan ketumbar.
  3. Setelah halus campur semua bumbu dan balurin ke daging dan lemak nya biarkan 1jam dibacam…
  4. Selagi nunggu kita bikin sambal omcomnya 1 potong cuma 500perak..cabe sesuai selera bawang putih 2 bawang merah 3 Sasa garam diulek sampe halus tumis masukan oncomnya…
  5. Untuk ketan bakar nya…
  6. 500gr ketan putih..cuci lalu Nanak seperti bikin nasi biasa..lalu angkat siram pake air panas kasih garam masak kembali hingga matang angkat cetak sesuai selera aja…
  7. Setelah selesai semua baru kita bakar Sate Maranggi sama ketan bakar nya…
  8. Okee selamat mencoba…

Untuk menikmati Sate Maranggi ini gak perlu jauh-jauh harus pergi ke Purwakarta loh gaes, sekarang di Jogjakarta sudah hadir dengan nama Sate Maranggi Mang Sams. Baca juga: Resep Sate Kambing Solo, Cocok untuk Rayakan Idul Adha Pendamping makan sate maranggi cianjur juga terbilang unik, yakni sambal oncom dan ketan (uli) bakar. Chef Devina Hermawan punya resep Sate Maranggi spesial yang bisa kamu ikuti. Resep dari chef ini dijamin membuat daging sapi empuk dan tidak. Saya sendiri prefer sate campur, karena lemak gajihnya memberikan rasa gurih yang khas.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sate Maranggi dan sambal oncom dan ketan bakar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Begini Cara Membuat Kepiting saos padang Anti Gagal

Kepiting saos padang. Resep Kepiting Saus Padang a la Restoran, Satu yang Mewah untuk Keluarga Tercinta. Cobain resep kepiting saus Padang a la restoran,...
Yuni Agustin
1 min read

Resep Dadar Gulung Jagung Endesss yang Lezat

Dadar Gulung Jagung Endesss. Lagi mencari inspirasi resep dadar gulung jagung endesss yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau...
Rani Maharani
56 sec read

Cara Membuat Nugget Pisang yang Bikin Ngiler

Nugget Pisang. Lihat juga resep Nugget pisang simple enak lainnya. Nugget pisang yang begitu mudah dan bisa dicoba di rumah. Resep Pisang Nugget –...
Yuni Agustin
1 min read