Resep: Nasi ayam Semarang Paling Enak

Berharap membuat hidangan apa hari ini ? Anjuran menu hari ini ada Nasi ayam Semarang . Nasi ayam Semarang sepatutnya dicoba untuk menu spesial keluarga di akhir pekan. Bukan hanya Nasi ayam Semarang biasa, menu ini menawarkan rasa yang otentik. Penasaran dengan resepnya ? Yuk, simak resep berikut ini.

Nasi ayam Semarang Konon, nasi ayam adalah salah satu kuliner nasi ayam paling legendaris di Semarang, nih. Nasi ayam menyajikan cita rasa gurih yang cukup pekat karena disiram kuah opor. Pasti rugi deh kalau ke Semarang kalian nggak icip kuliner nasi ayam ini. Anda dapat membuat Nasi ayam Semarang menggunakan 20 bahan dan 4 langkah demi langkah. Inilah cara memasak Nasi ayam Semarang yang benar.

Bahan-bahan Nasi ayam Semarang

  1. Anda perlu untuk Nasi liwet.
  2. Siapkan 1 cup untuk nasi putih.
  3. Anda perlu 1 bungkus untuk Santan kara kecil.
  4. Anda Membutuhkan 1 lembar untuk Daun salam.
  5. Anda Membutuhkan untuk Sereh geprek.
  6. Anda perlu untuk Garam.
  7. Anda Membutuhkan 1 lembar untuk daun jeruk.
  8. Anda Membutuhkan untuk Air.
  9. Siapkan untuk Telur pindang:.
  10. Anda Membutuhkan untuk Air.
  11. Siapkan untuk Kecap manis.
  12. Siapkan 3 butir untuk telur ayam.
  13. Anda Membutuhkan 1 kantong untuk teh celup (skip, dirumah habis).
  14. Siapkan untuk Garam.
  15. Anda Membutuhkan untuk Kaldu bubuk.
  16. Anda Membutuhkan untuk Daun salam.
  17. Anda Membutuhkan untuk Gula merah.
  18. Siapkan 5 siung untuk bawang merah,uleg,tumis.
  19. Siapkan 3 siung untuk bawang putih,uleg,tumis.
  20. Siapkan untuk Penyajian: daun pisang.

Nasi ayam khas Semarang adalah makanan dengan isi berupa nasi liwet, telur rebus, dan suwiran ayam yang diberi kuah opor serta tambahan sambal goreng jipan. Udah lama penasaran sama nasi ayam semarang mbakyu ini, tapi baru sempat mampir. Ternyata kalo weekdays cuma jual soto ayam aja, tapi kalo weekend jual nasi goreng babat. Sekilas, nasi ayam Semarang memang menyerupai nasi liwet Solo, namun nasi ayam Semarang disajikan menggunakan sate telur puyuh, usus dan teh hangat sebagai menu pelengkapnya.

Langkah-langkah Nasi ayam Semarang

  1. Nasi liwet magiccom: masak beras seperti kita memasak nasi di magiccom tambahkan santan,air,garam,daun salam,daun jeruk dan sereh,masak hingga nasi matang,sisihkan.
  2. Telur pindang: rebus telur ayam, kupas kulitnya.
  3. Didihkan air masukkan telur ayam yang sudah dikupas,tambahkan daun salam,kecap manis,gula merah, bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis,garam dan kaldu bubuk,koreksi rasa,masak hingga telur berubah warna,matikan api,sisihkan.
  4. Penyajian : tata nasi liwet diatas piring saji,tata sambel goreng labu Siam,telur pindang dan opor ayam disampingnya,taraa…nasi ayam Semarang siap untuk disajikan 🤗💞.

Kuliner nasi ayam ini cukup mudah ditemukan di Semarang pada malam hari. Biasa dujual di pusat kuliner, hingga tenda sederhana pinggir jalan. Salah satu yang tersohor adalah Nasi Ayam Bu. Kemaren badan udah lumayan enteng.pas ada janji ke Erha.ya udah mumpung hari Minggu ke sana dech.akhirnya kena Ac dingin banget lagi.plus waktu perawatan wajah tuch di sembur kipas angin. Mendengar kata nasi ayam, bukan berarti nasi dan ayam goreng seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *