Begini Cara Memasak Sambal bawang merah (tanpa uleg), Enak Banget

1 min read

Sambal bawang merah (tanpa uleg). Resep Sambal bawang merah (tanpa uleg). Mau makan terasa kurang kalau gak ada sambal. Biasanya bikin sambal bawang aja, tapi krn stok bawang putihnya tinggal dikit & males nguleg, akhirnya bikin ini aja deh.

Begini Cara Memasak Sambal bawang merah (tanpa uleg), Enak… Nah, belakangan ini ada resep sambal bawang merah utuh viral di media sosial, TikTok. Selain dinilai unik, resep sambal bawang merah utuh ini viral karena mudah dibuat dan memiliki rasa yang enak. Alhasil, banyak warganet yang ikut membuat ulang resep sambal bawang merah utuh ini.

Lagi mencari ide resep sambal bawang merah (tanpa uleg) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal bawang merah (tanpa uleg) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal bawang merah (tanpa uleg), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sambal bawang merah (tanpa uleg) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Resep Sambal bawang merah (tanpa uleg). Mau makan terasa kurang kalau gak ada sambal. Biasanya bikin sambal bawang aja, tapi krn stok bawang putihnya tinggal dikit & males nguleg, akhirnya bikin ini aja deh.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambal bawang merah (tanpa uleg) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal bawang merah (tanpa uleg) menggunakan 6 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Resep Lainnya :   Resep Soto Mie Sederhana Enak, Menggugah Selera

Bahan Dan Bumbu yang Dibutuhkan Untuk Menyiapkan Sambal bawang merah (tanpa uleg)

  1. Kamu membutuhkan 8 siung bawang merah.
  2. Persiapkan 7 cabai rawit merah.
  3. Siapkan 8 cabai rawit hijau.
  4. Persiapkan 1/2 sdt gula.
  5. Kamu membutuhkan 1/2 sdt totole.
  6. Kamu membutuhkan Sejumput garam.

Dilansir dari Kompas.com, resep sambal bawang merah utuh ini pertama kali dibagikan oleh Lasmi Sari Lastri. Masukkan irisan bawang daun ke dalamnya, campurkan kembali sampai merata. Gak perlu dimasak terlalu lama, cukup sampai bawang daun sedikit layu. Matikan kompor biar gak cepat gosong.

Langkah-langkah Memasak Sambal bawang merah (tanpa uleg)

  1. Cacah bawang merah & cabai. Kalau saya lgsg dijadiin satu aja pakai chopper. Hehe. Jumlah bawang merah & cabainya bisa sesuai selera saja ya. Gak akan salah krn beda takaran kok, pasti tetap enak..
  2. Tumis cacahan bawang merah & cabai dg minyak baru. Tunggu smp agak harum.
  3. Setelah agak harum, taburi gula, lalu dibiarkan dulu 1 menit tanpa diaduk supaya gulanya agak karamel & nempel ke cabai..
  4. Setelah gula meng-karamel, beri totole & aduk2 supaya rata. Kemudian matikan kompor..
  5. Matikan kompor, lalu terakhir baru diberi garam. Cek rasa, sajikan..

Angkat dan sajikan sambal bawang merah bersama lauk kesukaanmu! Yuk, langsung bikin sambal bawang merah utuh dengan resep di atas! Hari hujan pinginnya makan yang pedas terus, bikin deh ini sambal yang pastinya tanpa minyak cocok buat yang lagi diet. Sambal tomat sekilas hampir sama dengan sambal bawang. Hanya saja dalam sambal tomat ditambahkan bawang merah dan juga tomat.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal bawang merah (tanpa uleg) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Cara Membuat Kering Tempe Kacang yang Bikin Ngiler

Kering Tempe Kacang. Lagi mencari ide resep kering tempe kacang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar...
Yuni Agustin
55 sec read

Resep Fettucini carbonara yang Bisa Manjain Lidah

Fettucini carbonara. Carbonara is one of my all-time favourite pasta dishes. Today I show you how to make a delicious Carbonara with my simple...
Rani Maharani
1 min read

Cara Mudah Memasak 120. Acar Kuning Wortel Timun Buncis…

120. Acar Kuning Wortel Timun Buncis. Acar kuning mentimun tentu semua orang sudah tahu karena sering dijadikan teman makan dengan berbagai macam masakan sayur...
Rani Maharani
2 min read