Cara Meracik Kue talam asin/ gandus abon ikan Terbaru

Kue talam asin/ gandus abon ikan. Kue penganan dari tepung beras ini. Ikan asin asin yang sisa sebenarnya masih bisa di manfaatkan untuk abon caranya sih mudah tinggal ikan asin di tumbuk hingga halus kemudian masukkan bahan penyedap kemudian goreng lah sampai kecoklat coklatan. Kue adalah kudapan atau makanan ringan yang bukan makanan utama.

Kue talam asin/ gandus abon ikan Kue Talam pun ada yang memang terbuat dari bahan ubi, kentang serta bahan lain-lain. Namun untuk kali ini, kue talam terbuat seperti pertama kami sebutkan tapi dengan sentuhan taburan abon ikan. Yapz, dengan taburan abon ikan diatas permukaan kue talam sehingga membuat kue ini terasa. Anda dapat memasak Kue talam asin/ gandus abon ikan menggunakan 9 bahan dan 5 step by step. Inilah cara memasak Kue talam asin/ gandus abon ikan yang baik.

Bahan-bahan Kue talam asin/ gandus abon ikan

  1. Anda perlu 100 gr untuk tepung beras.
  2. Anda perlu 1 sdm untuk tepung tapioka.
  3. Siapkan 1/2 sdt untuk garam.
  4. Siapkan 1 untuk kemasan santan instan 65ml.
  5. Siapkan 300 ml untuk air.
  6. Siapkan untuk Toping.
  7. Siapkan untuk Abon ikan bisa diganti abon sapi/abon ayam/ ayam suir (optional).
  8. Anda Membutuhkan untuk Cabe merah besar.
  9. Siapkan untuk Seledri.

Teman setia nasimu saat kamu bingung mau makan apa. Abon ikan yang dibuat berwarna kuning kecoklatan. Warna kecoklatan bertambah tua. dengan semakin meningkatnya nisbah sukun-ikan gabus. Nilai Uji Organoleptik Abon Ikan Gabus yang Disubstitusi Sukun.

Step by step Kue talam asin/ gandus abon ikan

  1. Siapkan campuran tepung beras dan tapioka didalam mangkuk.
  2. Seduh santan dengan 300ml air hangat dan masukkan garam. Lalu tuangkan larutan santan ke dalam manguk tepung sedikit demi sedikit hingga adonan merata.
  3. Letakkan di cetakan kue kecil jika tidak ada bs menggunakan loyang plastik persegi (tepak makan). kalau bisa bahan plastik agar mudah dikeluarkan lalu kukus selama 10 menit dengan tutup dilapisi kain.
  4. Adonan yg telah memadat dibiarkan dingin terlebih dahulu. Keluarkan adonan dari cetakan kecil/loyang iris sesuai selera.
  5. Tambahkan topping diatasnya. Kue talam/ gandus siap dihidangkan.

Hasil analisis organoleptik dari segi rasa terdapat perbedaan yang nyata. Bisa dibilang, kue ini adalah "talam ebi" khas Jambi. Gandus dibuat dengan sederhana, yakni campuran tepung beras, tapioka, santan dan garam. Secara harafiah, sala lauak berarti "ikan goreng". Meski tak berbentuk ikan, sala lauak memakai ikan asin (stuhuak) yang dihaluskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *