Resep Bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan yang Menggugah Selera

2 min read

Bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan. Bubur ayam ala pinggir jalan memang terkenal jauh lebih lezat dibandingkan bubur ayam yang dijual di restoran besar. Tapi pernah enggak sih kamu kepikiran untuk membuat bubur ayam sendiri di rumah? Selain lebih hemat, bubur ayam buatan sendiri pastinya lebih higienis dan bisa disesuaikan.

Resep Bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan yang… Haii semua hari ini aku bikin bubur ayam sederhana. Cara Membuat Nasi Goreng Gerobak : Resep Bumbu Nasi Goreng Pinggir Jalan. Ada yang penasaran kenapa nasi goreng buatan abang-abang gerobakan itu rasanya lebih mak nyus?

Sedang mencari ide resep bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Bubur ayam ala pinggir jalan memang terkenal jauh lebih lezat dibandingkan bubur ayam yang dijual di restoran besar. Tapi pernah enggak sih kamu kepikiran untuk membuat bubur ayam sendiri di rumah? Selain lebih hemat, bubur ayam buatan sendiri pastinya lebih higienis dan bisa disesuaikan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan menggunakan 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan Dan Bumbu yang Dibutuhkan Dalam Memasak Bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan

  1. Siapkan beras putih.
  2. Persiapkan daging ayam (saya pakai dada ayam fillet).
  3. Persiapkan daun salam.
  4. Siapkan sereh (digeprek).
  5. Siapkan lengkuas (digeprek).
  6. Persiapkan kerupuk.
  7. Kamu membutuhkan kacang kedelai goreng.
  8. Siapkan daun bawang.
  9. Persiapkan garam.
  10. Siapkan penyedap/kaldu ayam (saya pakai royco ayam).
  11. Persiapkan minyak goreng.
  12. Siapkan bumbu yang dihaluskan.
  13. Siapkan bawang merah.
  14. Kamu membutuhkan bawang putih.
  15. Siapkan kunyit.
  16. Kamu membutuhkan kemiri.
  17. Kamu membutuhkan merica.
  18. Kamu membutuhkan ketumbar.
  19. Persiapkan jahe.

Ada juga yang rasanya ala kadarnya hahaha. So, balik lagi ke bumbu ulek racikan yang utama tadi. Bubur ayam paling enak untuk sarapan pagi. Nah, kalau kamu lagi WFH di rumah saja, coba yuk masak bubur ayam ala abang pedangan kaki lima.

Resep Lainnya :   Resep Rawon Daging Sapi, Bisa Manjain Lidah

Cara Membuat Bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan

  1. Didihkan air. Lalu masukkan ayamnya. Tambahkan daun salam, sereh, & garam. Tunggu hingga ayam matang. Air bekas rebusannya jangan dibuang, nanti untuk bikin kuahnya..
  2. Rendam beras kira-kira 2 jam agar gampang empuknya pas dimasak. Tapi kalau gak direndam pun gak papa. Lalu masak dengan takaran air per 1 cup beras adalah 8 cup air (cup nya pakai cup dari bawaan magic com masing2 ya). 7 cup air tersebut, 2 cupnya adalah air bekas rebusan ayamnya tadi. Tambahkan daun salam dan sedikit garam. Jadi intinya air untuk masak buburnya pakai air biasa ditambah air bekas rebus ayamnya..
  3. Masak hingga jadi bubur yang lembut. Sering2 diaduk agar bubur gak meletup-letup dan cepat lembutnya. Misal takaran air kayaknya udah pas, tapi masih keras atau masih seperti nasi, tinggal ditambah air lagi aja. Aduk2, sampai jadi bubur lembut. Masak bubur itu jangan takut menambahkan air😂..
  4. Haluskan bumbu. Lalu tumis. Tambahkan daun salam, lengkuas, garam, & penyedap. Tunggu hingga berbau harum. Lalu masukkan ke dalam air bekas rebusan ayamnya tadi. Lalu masak hingga mendidih. Kemudian tambahkan santan cair. Masak dengan api kecil saja dan sering diaduk agar santan tidak pecah. Tambahkan gula pasir. Tes rasa. Tambahkan garam & penyedap lagi kalau masih hambar. Lalu masukkan secukupnya bawang goreng saat sudah matang biar makin sedap..
  5. BAHAN PELENGKAP BUBUR. Goreng kerupuk, kacang kedelai dan ayam yg sudah direbus tadi. Kemudian suwir2 ayamnya..
  6. BUAT SAMBAL. Rebus cabe hingga layu. Lalu uleg atau haluskan. Kemudian tambahkan air hangat secukupnya..
  7. SIAP RACIK BUBUR AYAMNYA 🤤. Letakkan bubur ke dalam mangkok. Tambahkan kacang kedelai, ayam goreng yg sudah disuwir-suwir, bawang goreng, & daun bawang. Lalu siram dengan kuahnya. Tambahkan kerupuknya. Jangan lupa tambahkan juga sambal pedasnya🤤🤤🤤😋. Bisa juga ditambah kecap manis buat yg suka. Kalau saya suka makan bubur dengan kuah yang banyak😋. Selamat mencoba 😁..

Seperti dikutip dari @dapurmamamika, ini dia resep membuat bubur ayam. Sate ayam di Indonesia disajikan dengan beragam bumbu yang unik-unik. Ada yang terbuat dari kacang, sambal, ataupun hanya kecap. Ternyata gampang banget, kan bikin sate ayam bumbu kacang? Baca Juga: Resep Sate Jamur Kancing ala Vegetarian yang Enak dan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Bubur ayam ala abang gerobak pinggir jalan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Begini Cara Membuat Tempe orek ala moms agil Anti…

Tempe orek ala moms agil. Tutorial masak sederhana dengan bahan seadanya. Tempe orek basah terbuat dari tempe kedelai, kecap manis, bawang, lengkuas, daun salam,...
Rani Maharani
1 min read

Langkah-Langkah Memasak Semur telur kentang ala betawi Anti Gagal

Semur telur kentang ala betawi. Menu semur telur Betawi yang kaya protein ini cukup mudah dibuat di rumah. Buat Bunda yang ingin memasak semur...
Rani Maharani
2 min read

Cara Mudah Membuat Bakpao lembut (simpel) metode ulen, Enak…

Bakpao lembut (simpel) metode ulen. Resep BAKPAO EMPUK & LEMBUT +TRIK BIAR MULUS TIDAK MENGKERUT. • Resep roti sobek oven tangkring metode autolisis. Bakpao...
Tamara Octaviani
2 min read