Resep: Kue Lumpang / Kue Ijo Enak dan Sederhana

Berharap membuat hidangan apa hari ini ? Saran menu hari ini ada Kue Lumpang / Kue Ijo . Kue Lumpang / Kue Ijo patut dicoba untuk menu spesial keluarga di akhir pekan. Bukan hanya Kue Lumpang / Kue Ijo biasa, menu ini menawarkan rasa yang otentik. Penasaran dengan resepnya ? Yuk, simak resep berikut ini.

Kue Lumpang / Kue Ijo Kue Ijo adalah modifikasi masa kini dari "KUE LUMPANG" , kudapan khas nusantara yang populer. Kue lumpang asal Palembang ini memiliki bentuk seperti lesung padi serta rasanya yang nikmat dan gurih. Yuk simak resep kue lumpang pandan Berasal dari Pelambang, kue lumpang biasanya dinikmati bersama dengan secangkir susu atau kopi. Anda dapat memasak Kue Lumpang / Kue Ijo menggunakan 8 bahan dan 6 step by step. Begini cara memasak Kue Lumpang / Kue Ijo yang benar.

Bahan-bahan Kue Lumpang / Kue Ijo

  1. Anda Membutuhkan 100 gr untuk tepung tapioka/ sagu.
  2. Siapkan 100 gr untuk tepung terigu segitiga.
  3. Siapkan 110 gr untuk gula pasir.
  4. Anda perlu 200 ml untuk santan kara.
  5. Siapkan 200 ml untuk juice daun pandan.
  6. Anda perlu 1/4 sdt untuk garam.
  7. Anda perlu 1/4 sdt untuk vanilla bubuk.
  8. Anda Membutuhkan 1/4 untuk kelapa muda parut kukus beri garam.

Orang-orang di Palembang sejak dahulu sampai. Kue Lumpang merupakan makanan khas Palembang dengan tekstur empuk dan manis gurih. KUE IJO – Adalah hasil modifikasi kue lumpang tanpa santan, berasal dari daun pandan dan daun suji, serta parutan kelapa yang sudah dikukus. Kue lumpang atau Kue Ijo buatan Fins Recipe ini pun sampai di tangan dalam keadaan rapi dan ditaruh di dalam kantung kertas.

Cara Membuat Kue Lumpang / Kue Ijo

  1. Ambil 7 batang daun pandan cuci bersih potong lalu blender dg 200 ml air. Lalu saring sisihkan..
  2. Masukan dalam panci santan, juice daun pandan yang sudah di saring tadi, gula, garam dan vanilli, campur jadi satu masak hingga mendidih (kalau bisa jgn ditinggal masaknya sambil di aduk2 kalau kelihatan sudah mau meletup letup matikan kompor). Diamkan hingga dingin..
  3. Siapkan wadah lain campurkan tepung terigu dan tepung sagu. Aduk rata. Tambahkan sedikit sedikit larutan santan dan daun pandan tadi aduk rata hingga terigu dan sagu tercampur rata tidak bergerindil..
  4. Setelah rata lalu saring..
  5. Olesi cetakan dengan minyak. Panaskan kukusan hingga mendidih. Lalu kukus sebentar cetakan selama 5 menit..
  6. Setelah cetakan dikukus baru tuang adonan ke dalam cetakan, isi hingga cetakan hampir penuh. Kukus selama 25 – 30 menit sambil sesekali di buka supaya terbentuk lesung di tengah nya. Setelah matang angkat. Sajikan dengan taburan kelapa muda parut yang telah dikukus dan di beri garam..

Dalam kemasannya sendiri, Fins Recipe memberitahu saran penyajian, cara menikmati, dan saran-saran lainnya. Kue ini teksturnya kenyal, rasanya manis dan gurih. Wangi daun pandan yang begitu menggoda. Kue ijo sejatinya merupakan modifikasi dari kue lumpang dari Palembang, Sumatera Selatan. Kandungan santan yang absen pada kue ijo digantikan dengan kelapa parut kukus yang menjadi cocolan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *