Cara mudah Meracik Abon ikan tuna Terbaru

Abon ikan tuna. Laporan Teknologi Pengolahan Abon Ikan Tuna. Umumnya abon ikan dibuat dari daging ikan cakalang, tongkol, tuna, lele, patin dan ikan cucut, akan tetapi di dalam pembahasan ini kita. Anda bisa membelinya di warung-warung terdekat.

Abon ikan tuna Ikan tuna adalah jenis ikan yang mudah diperoleh dan murah. Macam-macam olahan ikan tuna juga mudah ditemui. Salah satu olahannya adalah abon tuna. Anda dapat memasak Abon ikan tuna menggunakan 11 bahan dan 5 step by step. Inilah cara membuat Abon ikan tuna yang benar.

Bahan-bahan Abon ikan tuna

  1. Siapkan 1 1/2 kg untuk Ikan tuna.
  2. Anda perlu 10 untuk Cabe rawit.
  3. Anda perlu 2 untuk Cabe besar.
  4. Anda perlu untuk Tomat ukuran sedang 1.
  5. Anda Membutuhkan 10 buah untuk Bawang merah.
  6. Siapkan 5 buah untuk Bawang putih.
  7. Siapkan 1 ruas untuk Jahe.
  8. Siapkan 2 batang untuk Sereh.
  9. Anda perlu 1 tangkai untuk Daun bawang.
  10. Anda Membutuhkan 5 lembar untuk Daun jeruk.
  11. Anda Membutuhkan secukupnya untuk Kecap manis,garam,penyedap ras,gula.

Selain praktis, rasa abon tuna sangat gurih. Abon Dapur Sehati Ikan sebagai salah satu UKM di Kab. Situbondo ingin menciptakan salah satu Oleh – oleh Kuliner khas dari Kab. Ikan tuna juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Langkah-langkah Abon ikan tuna

  1. Ikan di bersihan dipotong 2 di rendam jeruk nipis dan garam,diamkan 2 jam,setelah itu di kukus,20 menit saja,terlalu lama bisa hancur,angkat,tunggu dingin,di suwir suwir,hati hati tulang kecilnya.
  2. Ulek atau chopper bahan bawang merah bawang putih daun jeruk cabe jahe.
  3. Sereh di geprek…tomat dan daun bawang di iris tipis tipis.
  4. Tumis semua bumbu halus…sudah wangi masuk kan ikan suwirnya di aduk perlahan dengan api kecil…tambahkan kecap manis,gula,garam,penyedap rasa sambil di aduk perlahan, biar tidak gosong.
  5. Cek rasa…ikan harus sampai agak kering…cek rasa apa yang kurang..setelah rasa cukup masuk kan daun bawang…aduk lagi..sial sajikan 🙂.

Bila dibandingkan dengan SNI, abon ikan tuna yang dibuat di laboratorium memiliki mutu yang sesuai dengan SNI secara organoleptik yaitu memiliki bentuk, rasa, bau, dan warna yang normal. Usaha abon ikan tuna ini bisa dijalankan dengan menyewa tempat yang sesuai supaya kegiatan usaha bisa berjalan dengan mudah. Jika masih memproduksi abon ikan tuna dalam skala kecil maka. pembuatan abon ikan tuna di UMKM Abon Ikan Tuna "Bu Hirto" Gunungkidul seperti pada peta Dalam peta proses abon ikan tuna tersebut terdapat tiga bahan yang merupakan bahan proses yaitu. Abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *