Resep: Kalio (Rendang Basah) khas Padang Paling Enak

Mau membuat hidangan apa hari ini ? Rekomendasi menu hari ini ada Kalio (Rendang Basah) khas Padang . Kalio (Rendang Basah) khas Padang semestinya dicoba untuk menu spesial keluarga di akhir minggu. Bukan cuma Kalio (Rendang Basah) khas Padang lazim, menu ini menawarkan rasa yang otentik. Penasaran dengan resepnya ? Yuk, simak resep berikut ini.

Kalio (Rendang Basah) khas Padang Masakan gulai kalio ini pada umumnya menggunakan daging sapi sedap yang. Rendang padang asli minang merupakan salah satu hidangan asli nusantara yang telah termahsyur di mancanegara. Bahkan berdasarkan hasil pooling salah satu web berita asal Inggris, rendang padang asli minang pernah terpilih sebagai makanan terlezat sedunia! Anda dapat memasak Kalio (Rendang Basah) khas Padang menggunakan 23 bahan dan 6 langkah demi langkah. Inilah cara membuat Kalio (Rendang Basah) khas Padang yang baik.

Bahan-bahan Kalio (Rendang Basah) khas Padang

  1. Anda Membutuhkan 250 gram untuk daging segar.
  2. Anda Membutuhkan 650 ml untuk santan.
  3. Siapkan untuk Bumbu halus.
  4. Anda Membutuhkan untuk Bawang merah+putih (2:1).
  5. Anda Membutuhkan untuk Cabe rawit.
  6. Anda Membutuhkan untuk Cabe merah besar segar.
  7. Siapkan untuk Jahe.
  8. Anda perlu untuk Lengkuas.
  9. Siapkan untuk Kunyit.
  10. Anda Membutuhkan untuk Pala.
  11. Siapkan untuk Bahan cemplung wajan.
  12. Siapkan untuk Lengkuas (geprek).
  13. Anda Membutuhkan untuk Serai.
  14. Siapkan untuk Daun salam.
  15. Anda perlu untuk Daun jeruk.
  16. Anda Membutuhkan untuk Daun kunyit.
  17. Anda Membutuhkan untuk Kapulaga.
  18. Siapkan untuk Kayu manis.
  19. Anda perlu Bunga untuk lawang.
  20. Anda Membutuhkan untuk Garam.
  21. Anda Membutuhkan untuk Bumbu ambu-ambu.
  22. Anda perlu untuk Kepala parut (sangrai).
  23. Anda Membutuhkan untuk Ketumbar (sangrai).

Masakan rendang khas Padang ini tetap tidak mati hingga sekarang, bahkan menjadi semakin sangat terkenal dengan menjamurnya warung makan Padang di setiap sudut pada kota di Nusantara. Rendang basah atau lebih tepatnya disebut Kalio, adalah rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat, santan belum begitu mongering sempurna, dan Berbicara tentang masakan padang maka dipikiran kita akan otomatis tercetus sebuah masakan yang khas dan unik yaitu rendang daging. Rendang memang terkenal memiliki rasa khas dengan kekayaan aroma rempahnya yang Sebenarnya ada dua jenis Dendeng Balado yaitu kering dan basah. Kalau yang kering tidak Selain Kalio Daging, di Padang terdapat juga olahan berbentuk kalio yang lain yaitu Kalio Jariang.

Langkah-langkah Kalio (Rendang Basah) khas Padang

  1. Bersihkan daging, potong sesuai selera. Blender bahan bumbu halusnya.
  2. Sangrai bahan bumbu ambu-ambu. Kemudian ulek hingga mengeluarkan minyak. Bisa juga beli yg sudah jadi. Dibanjar biasa nya disebut bumbu kelapa goreng.
  3. Masukkan santan dan bahan cemplung nya. Tunggu hingga mendidih dan sedikit mengental.
  4. Masukkan daging nya dan masak hingga santan mengental dan mendidih rata.
  5. Masukkan bumbu ambu-ambu. Masak sekitar 20menit.
  6. Sajikan dengan nasi hangat ya🤗🤗.

Rendang basah atau lebih dikenal dengan sebutan kalio, adalah rendang yang dimasak hanya dengan waktu yang lebih singkat. Santan dibiarkan belum begitu mengering dengan sempurna, agar sedikit memiliki kuah bumbu. Rendang basah memiliki warna cokelat terang keemasan dan lebih. Resep Rendang Daging – Rendang selalu menjadi kuliner wajib yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Tanah Minang, Padang atau sekadar di rumah makan Padang. Sate Padang merupakan makanan khas Padang yang banyak ditemukan di pinggir jalan dengan irisan ketupat saat menyajikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *