Langkah-Langkah Memasak Sup Ikan Patin yang Bisa Manjain Lidah

2 min read

Sup Ikan Patin. Anda mungkin sedang bosan dengan menu ikan yang hanya di goreng atau di bakar. Berikut ini merupakan resep Sup Ikan Patin yang dapat anda jadikan menu baru dalam hidangan anda. Sup merupakan salah satu jenis sajian yang menggugah selera saat disajikan hangat.

Langkah-Langkah Memasak Sup Ikan Patin yang Bisa Manjain Lidah Sup merupakan salah satu jenis sajian yang menggugah selera saat disajikan hangat. Bosan dengan sup biasa, sup ikan patin dapat menjadi alternatif yang baik. hai teman-temankali ini aku mau berbagi resep sup ikan patin yang rasanya asam pedas seger dan tidak amis lho. Bingung masak apa.bosen yg kering².pas ada stok ikan patin di kulkas.trus kepikiran bikin yg berkuah anget².jadi bikin sup ikan patin.

Sedang mencari ide resep sup ikan patin yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sup ikan patin yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sup ikan patin, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sup ikan patin yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Anda mungkin sedang bosan dengan menu ikan yang hanya di goreng atau di bakar. Berikut ini merupakan resep Sup Ikan Patin yang dapat anda jadikan menu baru dalam hidangan anda. Sup merupakan salah satu jenis sajian yang menggugah selera saat disajikan hangat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sup ikan patin sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sup Ikan Patin memakai 17 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan Dan Bumbu yang Digunakan Dalam Pembuatan Sup Ikan Patin

  1. Persiapkan 2 ekor ikan patin.
  2. Kamu membutuhkan 1 buah jeruk nipis, ambil airnya.
  3. Siapkan 3 ruas jahe dibakar, digeprek.
  4. Persiapkan 1 buah tomat, potong2.
  5. Kamu membutuhkan 1 buah serai dibakar, digeprek.
  6. Siapkan 4 siung bawang merah, rajang tipis.
  7. Persiapkan 3 siung bawang putih rajang tipis, lalu goreng (dibikin bawang putih goreng).
  8. Siapkan secukupnya Air.
  9. Persiapkan Bumbu Halus :.
  10. Kamu membutuhkan 4 siung bawang putih.
  11. Siapkan 2 ruas kunyit, dibakar hingga keluar aroma nya.
  12. Persiapkan Secukupnya lada bubuk.
  13. Siapkan secukupnya Garam, Gula, dan Penyedap rasa.
  14. Persiapkan Bahan Pelengkap :.
  15. Persiapkan Secukupnya daun kemangi, siangi ambil daunnya saja.
  16. Persiapkan 1 buah tomat ukuran sedang, potong2.
  17. Kamu membutuhkan 1 batang daun bawang, rajang halus.
Resep Lainnya :   Resep Puding Custard yang Menggugah Selera

Pernah bikin pindang patin.beda banget sih bumbu nya.tapi rasanya sama² seger. Ini resepnya boleh liat di resep koki. Ada ikan patin di freezer bingung mau diapain, sedangkan kebiasaan masak sy itu hrs jenis masakan yg bisa dimakan utk semua usia krn dirumah tidak hny ada sy dan suami sj melainkan ada ibu mertua (lansia) dan anak sy yg msh balita. Jadi kepikiran dibikin sup saja dg cabe.

Cara Menyiapkan Sup Ikan Patin

  1. Tumis bawang merah rajang hingga harum, kemudian masukkan bumbu halus dan serai & jahe geprek yang sudah dibakar terlebih dahulu.
  2. Siapkan semua bahan terlebih dahulu. Bersihkan dan cuci ikan patin, kemudian lumuri dengan jeruk nipis beberapa menit agar bauk amis ikan berkurang. Setelah dilumuri jeruk nipis, cuci kembali ikan patin hingga bersih. Sisihkan.
  3. Rajang bawang merah, bawang putih sebagian (lalu bawang putih digoreng), potong2 tomat, rajang daun bawang dan siangi daun kemangi. Kemudian bakar jahe, kunyit, dan serai..
  4. Uleg bumbu halus (bawang putih, kunyit bakar, dan lada bubuk). Geprek jahe dan serai bakar.
  5. Tumis bawang merah rajang hingga harum, kemudian masukkan bumbu uleg dan jahe & serai geprek. Tumis hingga harum dan bau langu bawang hilang.
  6. Tambahkan air dan masak hingga mendidih. Masukkan ikan patin & cabai rawit utuh. Kemudian tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa. Test rasa.
  7. Masak hingga ikan empuk, sesaat sebelum api dimatikan, masukkan bahan pelengkapnya (tomat, daun kemangi, daun bawang, dan bawang putih goreng). Aduk rata.
  8. Sajikan di piring atau mangkok selagi hangat 😁.
  9. Penyajian (gak tau kenapa kok gak bisa dikasih foto resep) gagal2 teruusss, "mohon maaf telah terjadi kesalahan dari sisi kami, coba kembali" 😂.

Ikan patin tergolong sumber makanan yang lezat, murah, dan mudah didapat. Jika kamu bosan dengan menu makanan ayam dan daging, boleh sesekali mencoba mengolah ikan. Misalnya aja ikan patin ini diolah menjadi hidangan sup berkuah asam yang segar. Apalagi jika cuaca sedang dingin atau gak enak badan, menyantap sup saat masih panas bakal lebih nikmat. Waktu nya posbar bareng @dkitcheners_ dengan tema aneka olahan ikan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sup Ikan Patin yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Resep Kentang balado puyuh yang Sempurna

Kentang balado puyuh. Yang penasaran sama muka Mama Bay Cek Video ini : https: https Balado Kentang Telur Puyuh – Resep Masakan Jawa Indonesia...
Yuni Agustin
2 min read

Begini Cara Memasak 40. Bakmi Goreng Jawa, Enak Banget

40. Bakmi Goreng Jawa. Lagi mencari inspirasi resep 40. bakmi goreng jawa yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga....
Rani Maharani
1 min read

Cara Membuat Tempe Orek yang Menggugah Selera

Tempe Orek. Lagi mencari ide resep tempe orek yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan...
Rani Maharani
1 min read